‘Gak Mau Gemuk Ah !’ Ya, tidak ada satu orangpun yang menginginkan  tubuh mengalami kegemukan. Karena gemuk akan dianggap tidak menarik, tidak luwes, tidak lincah, cepat sesak napas, dan cepat lelah saat beraktifitas. Kegemukan juga menyebabkan gangguan struktur tubuh yang berakibat pada kerusakan sel dan penyakit. Penyakit yang mendera orang yang mengalami obesitas sangat menyeramkan seperti darah tinggi, jantung, stoke, diabetes tipe 2 dan kanker. Seram bukan penyakitnya? Pasti dari kita semua tak ada yang mau dihampiri oleh penyakit tersebut. Kegemukan identik dengan kurangnya olahraga, ya memang hal itu patut untuk dibenarkan namun selain hal tersebut kita tidak menyadari bahwa banyak juga kebiasaan sehari-hari  yang membuat kita tidak ‘ngeh’ bahwa kebiasaan tersebut akan memicu naiknya berat dan menumpuknya lemak dibagian-bagian tubuh khususnya perut. Kita lihat apa saja kebiasaan yang membuat berat badan meningkat.
penyebab kegemukan (gambar: inspiredhealthcoach.wordpress.com)

  1. Tidak Sarapan.
    Banyak dari kita yang sering meninggalkan waktu sarapan entah karena terburu-buru, banyak kegiatan atau apapun yang pada akhirnya kegiatan makan pagi ini dilewatkan. Padahal sarapan sangat penting karena seharian kita memerlukan energi untuk melakukan aktifitas. Menurut ahli gizi terlalu sering melewatkan sarapan membuat otak menjadi lemot. Selain itu melewatkan sarapan akan membuat makan berlebih pada waktu makan siang.
  2. Terlalu Banyak Garam
    Banyak orang menyukai makanan asin dan gurih. Padahal kita tahu betul garam apabila dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kegemukan. terlebih garam yang terkandung didalam makan cepat saji, cemilan, snack yang sering dikonsumsi sehari-hari.
  3. Makan di Luar
    Makan di luar rumah kebanyakan dilakukan oleh sebagian orang karena dirasa makanan yang dibuat lebih enak dan tak perlu untuk bersusah payah membuatnya. Tinggal melihat daftar menu dan duduk manis kemudian makanan datang. Padahal terkadang kita tidak sadar makanan yang dibuat banyak mengandung garam, tinggi kalori, banyak mengandung lemak.
  4. Diet yang Salah
    Diet adalah program yang sering dijalankan untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang langsing, namun apa jadinya kalau diet yang dijalankan malah membuat bdan semakin banyak menimbun lemak. Mintalah pendapat ahlinya sebelum berniat untuk melakukan diet, ada baiknya juga kamu mencoba tips diet alami yang pernah kami ulas di situs ini.
  5. Makan Sambil Melakukan Aktifitas
    Saat menonton tv memang sangat asyik ditemani cemilan sambil nonton acara kesayangan diiringi dengan mengunyah dan tanpa sadar terkadang makanan sudah habis sampai satu toples atau bahkan lebih, dan berkaleng-kaleng minuman soda, dan makan diaktifitas lainnya seperti saat membaca buku dan mengerjakan tugas sekolah atau kuliah. Berarti dalam satu hari hari saja dapat menghabiskan sangat banyak cemilan
  6. Kurang Tidur
    Apabila tubuh kurang tidur badan akan menjadi lemas dan cepat lelah, kurang tidur juga memicu stress yang akan berimbas pada naiknya nafsu makan.
Hindari kebiasaan buruk yang sangat merugikan tersebut. Mulailah hidup sehat yang pastinya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan yang pasti akan membuat hidup lebih bahagia.

sumber
Label:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.