Tomat yang bisa di kategorkan sebagai buah -buahan,namun dalam penggunaan nya sering dimanfaatkan sebagai bahan sayur-sayuran.Taukah kalian selain bermanfaat buat dijadikan sayuran,buah tomat ini bila dikonsumsi secara rutin dapat bermanfaat untuk kesehatan.Didalam buah tomat diketahui mengandung sejenis anti oksidan kuat yang disebut lycopene dalam jumlah banyak yang membuat,warna merah pada buah ini,dan tomat juga terbukti mengandung senyawa asam alfa lipoic yang bermanfaat membantu mengontrol glukosa dalam darah.Dan juga dapat meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada orang yang memiliki penyakit diabetes,selain itu senyawa kolin yang ditemukan didalam tomat merupakan nutrisi penting yang dapat membantu,fungsi gerak otot,belajar,dan fungsi memori.Berikut beberapa manfaat tomat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

manfaat tomat yang bagus bagi kesehatan
Menyehatkan Jantung
Kalium,Vitamin C,dan Kolin.Merupakan senyawa yang terdapat di buah tomat yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung,asupan yang kalium yang tinggi pada tomat juga dapat menurunkan resiko stroke dan dapat menjaga kepadatan mineral tulang.

Menurunkan Resiko Kanker
Didalam buah tomat mengandung antioksidan kuat seperti Vitamin C dan Likopen yang mana jika sering mengkonsumsi tomat akan mencegah terbentuknya radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.Likopen dalam tomat dapat mengurungi resiko terkena kanker prostat.

Meremajakan Kulit
Zat kolagen yang keberadaanya sangat bergantung pada vitamin C,vitamin C merupaka nutrisi penting yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh yang berguna untuk.Mencegah kerusakan kulit akibat matahari,kerutan,dan polusi.

Mencegah Depresi
Depresi biasa nya terjadi karena kelebihan homosistein,karena dapat menggangu produksi hormon bahagia yaitu serotonin,dopamine,dan neropinephrine.Hormon tersebut mengatur suasana hati,tidur dan nafsu makan,didalam tomat terdapat asam folat yang dapat meredakan depresi yang di karenakan kelebihan pembentukan homosistein.

Mencegah Sembelit
Sembelit merupakan penyakit yang meyiksa karena BAB tidak lancar,bahkan jika sering terjadi dapat menyebabkan resiko kanker usus.Tomat merupakan makanan yang mengandung serat dan air yang dapat membantu untuk terhidrasi dan melancarkan BAB.

Itulah beberapa manfaat dari tomat untuk kesehatan tubuh,kalian bisa mengkonsumsi tomat secara teratur untuk menyehatkan tubuh kalian.Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembacanya.

sumber

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.