Wajah yang halus dan cerah, serta bebas dari jerawat tentunya menjadi idaman setiap wanita. Tidak heran jika banyak wanita yang rela membayar mahal untuk melakukan perawatan kulit demi mendapatkan kulit yang cantik, dan mungkin banyak juga diantara Toppers Ladies yang melakukan hal tersebut. Namun ternyata, untuk mendapatkan kulit cantik, kamu tidak selalu harus menguras isi kantong. Kamu bisa memanfaatkan bahan makanan yang ada di dapur, yang ternyata khasiatnya tidak kalah dengan produk kecantikan yang mahal.
Kira-kira makanan apa saja yang yang bisa digunakan untuk masker wajah? Simak di sini yuk.
1. Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang sangat berkhasiat bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin A, B, dan E yang tinggi, membuat buah ini sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat masker wajah alami. Caranya, haluskan satu buah pisang yang sudah matang, kemudian oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah. Tunggu selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Pisang akan membuat kulit kamu lebih halus dan terjaga kelembabannya. Selain itu, buah ini juga dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah kamu, sehingga wajah kamu akan tampak lebih putih dan cerah.
2. Alpukat
Buah yang creamy ini kaya akan vitamin A dan antioksidan, sehingga dapat kamu jadikan sebagai salah satu pilihan untuk membuat masker alami. Masker alpukat ini sangat baik bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering, karena alpukat mengandung minyak dan lemak baik yang dapat menjaga kelembaban kulit kamu. Untuk hasil terbaik, campurkan setengah alpukat matang yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh minyak zaitun. Kemudian oleskan pasta alpukat tersebut ke wajah secara merata, dan bilas setelah 15 menit. Kulit wajah kamu akan terasa lebih lembut, kencang dan bercahaya.
3. Susu
Khasiat susu bagi kecantikan kulit memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan sejak jaman Cleopatra, susu sudah sering digunakan sebagai bahan perawatan kulit dan sudah terbukti manfaatnya. Untuk membuat masker, sebaiknya gunakan susu bubuk full cream karena kandungan lemaknya bisa dimanfaatkan secara maksimal. Cara membuatnya, campurkan 2 sendok makan susu bubuk dengan 1 sendok makan madu dan air panas. Tunggu hingga agak dingin, lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit hingga maskernya mengering, dan bilas dengan air.

4. Madu
Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata madu juga sangat bermanfaat bagi kulit kita lho, Toppers. Madu yang kaya akan antioksidan, antibakteri, vitamin B dan C ini berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, hingga menyembuah luka bakar pada kulit. Untuk mencerahkan wajah, kamu dapat menambahkan air perasan lemon pada madu. Membuat masker alami dari madu sangatlah mudah, kamu cukup mengambil 1 sendok makan madu, lalu mengoleskannya ke wajah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit hingga mengering, dan bilas dengan air. Untuk mencerahkan wajah, kamu dapat mencampurkan madu dengan beberapa tetes air perasan lemon.
5. Oatmeal
Jika kamu memiliki jenis kulit kering dan mudah iritasi, oatmeal dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya. Kamu dapat membuat masker alami berbahan oatmeal. Caranya, haluskan 2 sendok makan oatmeal dengan menggunakan food processor hingga berbentuk bubuk. Kemudian campurkan dengan air hangat atau susu secukupnya hingga mengental, lalu aplikasikan ke seluruh bagian wajah secara merata dan bilas setelah 10 menit.
6. Yogurt
Jika kamu sedang mencari solusi perawatan wajah untuk mengencangkan pori-pori kulit wajah, yogurt jawabannya. Hal ini karena yogurt kaya akan asam laktat yang dapat berfungsi untuk mengecilkan dan mengencangkan pori-pori kulit. Kamu dapat mengoleskan yogurt secara merata ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air. Selain mengencangkan pori-pori, masker yogurt juga dapat melembabkan kulit, mencegah munculnya jerawat, dan mengatasi pigmentasi kulit.
7. Telur
Telur merupakan salah satu bahan makanan yang cocok untuk semua jenis kulit, baik kulit kering maupun kulit berminyak. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, dapat memanfaatkan putih telur untuk merawat kulit wajah kamu. Putih telur berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga dapat mengurangi kadar minyak dan menurunkan resiko munculnya jerawat. Cara membuatnya, campurkan 1 putih telur dengan madu dan perasan lemon, lalu kocok hingga berbusa. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian wajah secara merata, lalu diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air.
Sementara bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, kamu dapat memanfaatkan kuning telur untuk melembabkan wajah kamu. Caranya, campurkan 1 kuning telur dengan minyak zaitun atau madu, lalu oleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air. Wajah kamu akan menjadi lebih kenyal dan terjaga kelembabannya.

sumber 

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.