Tua itu pasti. Tapi bagaimana jika tua sebelum waktunya? Tanda-tanda penuaan yang muncul pada umur 20-30 tahun pasti akan membuat kamu enggak pede dengan penampilan kamu. Penuaan dini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti, radikal bebas dari paparan sinar matahari, polusi, stres, kurang tidur dan sebagainya. Tanda-tanda penuaan dini ternyata tidak hanya ditemui di daerah wajah, namun juga bisa terjadi di bagian tubuh lainnya. Kira-kira apa saja yah tanda-tanda penuaan dini? Baca di bawah ini yuk.
1. Perubahan pigmen kulit
Perubahan pigmen atau warna kulit bisa menjadi salah satu tanda umum terjadinya penuaan dini pada kulit. Jadi jika warna kulit kamu tiba-tiba berubah menjadi pucat, menghitam, kusam dan muncul flek atau bintik hitam, bisa jadi itu merupakan tanda penuaan dini. Sangat penting bagi kamu untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari dan memakai pelindung untuk meminimalisir dampak paparan sinar matahari secara langsung.
2. Lingkaran hitam dan kantung mata
Lingkaran hitam dan kantung mata dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kelelahan, kurangnya waktu tidur, infeksi, hingga dehidrasi. Selama ini mungkin kamu cenderung mengabaikan lingkaran mata dan kantung hitam yang sering muncul saat kelelahan dan kurang tidur. Namun jika dibiarkan secara terus-menerus, hal ini juga akan membuat penampilan wajah kamu terlihat lebih tua dan tidak fresh.
3. Kulit kering dan kendur
Kamu selalu rutin menggunakan pelembab kulit? Apakah pelembab tersebut membuat kulit kamu menjadi lembab dan tetap elastis? Jika pemakaian pelembab tidak lagi bisa melembabkan dan menjaga elastisitas kulit kamu, kamu harus mewaspadainya karena hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda awal dari penuaan dini.

4. Penumpukan lemak
Penuaan dini juga membuat proses metabolisme pada tubuh menjadi lebih lamban. Hal tersebut kemudian akan berdampak pada menurunnya proses pembakaran lemak yang akhirnya memunculkan tumpukan-tumpukan lemak pada bagian perut dan lengan.
5. Pori-pori membesar
Semakin bertambah tua, maka pori-pori kulit kita akan semakin membesar akibat terjadinya penumpukkan sel kulit mati. Pembesaran pori-pori kulit ini juga sering dianggap sebagai tanda-tanda kalau kulit kamu mengalami penuaan dini.
6. Sering lupa dan mudah lelah
Apakah akhir-akhir ini kamu lebih mudah lelah, sering lupa, dan waktu tidur kamu menjadi tidak teratur? Hal-hal tersebut dapat menjadi penanda utama dari menurunnya kinerja otak yang menjadi salah satu tanda penuaan dini. Hal ini dapat terjadi karena berbagai hal seperti merokok, konsumsi junk food berlebihan, otak kekurangan oksigen dan sebagainya.
7. Kerutan pada dahi dan kelopak mata
Dahi dan ujung kelopak mata berkerut saat tertawa dan cemberut adalah hal yang wajah. Tapi jika muncul kerutan pada dahi dan ujung kelopak mata saat kamu sedang dalam kondisi diam, itu bisa menjadi salah satu penuaan dini yang timbul pada wajah. Selain itu, jika riasan eye shadow dan eye liner yang kamu gunakan terlihat pecah-pecah dan tidak mulus, itu juga merupakan pertanda bahwa area sekitar mata sedang kekurangan kelembabannya.


sumber

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.