Tips Memilih Kosmetik Yang Aman dan Halal Untuk Wajah – Pemakaian kosmetik aman dan halal merupakan suatu cara cepat yang banyak dilakukan para wanita agar dapat tampil cantik dan menarik. Kata kosmetik berasal dari bahasa Yunani yaitu kosmetikus yang artinya suatu usaha untuk mempercantik tubuh. Usaha ini meliputi penggunaan ramuan traditional dan modern.

Saat ini telah banyak beredar berbagai produk kosmetik yang menawarkan berbagai manfaat mulai dari kosmetik yang dapat menghilang jerawat, menghaluskan dan memutihkan kulit hingga kosmetik yang dapat membuat wajah terlihat lebih awet muda. Selain kosmetik untuk wajah juga terdapat berbagai kosmetik untuk kuku, rambut, mata, bibir dan anggota tubuh lainnya.

Jenis kosmetik yang paling banyak dicari oleh para wanita seperti Moisturizer, lip gloss, lip balm, eyeshadow, mascara, lipstick, dll merupakan jenis kosmetik yang diyakini oleh para wanita sangat efektif dalam membantu memperindah kulit tubuh, sehingga tidak jarang banyak para wanita memakaianya setiap saat.

Akan tetapi, tahukah Anda jika tidak semua kosmetik yang beredar di pasaran tersebut sepenuhnya aman dan cocok untuk kulit kita?

Tentu saja Anda tidak ingin menerima jika wajah Anda menjadi cantik namun kesehatan Anda terganggu. Begitu juga, tidak semua kosmetik yang ada mengandung bahan yang aman dan halal untuk di pakai. Bila Anda seorang beragama Islam, tentu kehalalan menjadi suatu prioritas utama.

Cara memilih kosmetik yang aman dan halal

Sesuaikan Kosmetik dengan Jenis Kulit

Perlu Anda ingat bahwa tidak semua jenis kosmetik dapat sesuai dengan kulit Anda. Produk kosmetik yang aman digunakan oleh orang lain belum tentu aman bagi kulit kita, karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda.

Perhatikan Batas Kadaluarsa Kosmetik

Melihat batas masa kadaluarsa suatu produk kosmetik adalah suatu hal yang penting dilakukan dan tidak boleh terlewatkan. Meskipun hal ini sangat penting namun tak jarang banyak orang yang lupa memperhatikannya karena mereka percaya begitu saja bahwa semua produk yang terpajang di toko itu masih bagus dan baru.

Lakukan Uji Coba

Jika Anda diperbolehkan untuk mencoba produknya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba produk yang akan dibeli. Ini diperlukan untuk mengetes apakah produk kosmetik tersebut sesuai dan aman atau tidak dengan kulit Anda.

Jika ternyata pada saat Anda mencoba dan kulit terasa gatal, perih dan kulit menjadi merah maka sebaiknya Anda tidak membeli produk tersebut karena tidak sesuai dengan kulit Anda.

Perhatikan Kemasan Kosmetik

Selain memperhatikan batas masa kadaluarsa produk, Anda juga harus mengecek kondisi kemasan produk. Karena produk kosmetik yang baik tentu kemasannya tidak memiliki kecacatan atau rusak. Namun, kadang kita mengabaikan untuk perhatiankan kondisi kemasan lantaran kita sedang terburu-buru.

Pada saat Anda membeli produk bersikaplah lebih tenang dan perhatikan kondisi produk dengan seksama. Kemasan yang telah rusak dan sudah terbuka dikhawatirkan sudah tidak baik dan tidak steril lagi.

Lihat Kandungan Zat

Tindakan lainnya yang juga sangat menentukan kondisi produk kosmetik yang Anda beli aman atau tidak adalah dengan memperhatikan kandungan zat yang terdapat dalam sebuah produk kosmetik. Setiap produk kosmetik umumnya menampilkan daftar kandungan zat beserta jumlahnya pada bagian belakang kemasna. Perhatikan kandungan zat tersebut apakah ada terdaftar zat berbahaya atau persentase penggunaan zat masih batas kewajaran.

Sering Akses BPOM dan MUI

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan suatu lembaga pemerintahan yang berwenang dalam meneliti dan mengawasi berbagai produk kosmetik apakah produk tersebut aman untuk digunakan atau tidak. Sementara, Majelis Ulama Indonesia (MUI) hanya berwenang dalam menyatakan produk tersebut halal digunakan umat islam atau tidak.

Kedua lembaga ini kadang mengeluarkan hasil investigasi di lapangan. Lalu, mereka kemudian membuat lampiran berupa daftar kosmetik berbahaya dan tidak halal. Jadi tidak ada salahnya jika Anda sesekali mengakses websitenya untuk memperhatikan perkembangan dan berita terbaru tentang produk kosmetik yang beredar di pasaran.

Nah, itulah beberapa cara memilih produk kosmetik yang aman dan halal untuk Anda gunakan, teliti sebelum membeli agar wajah tidak rusak menjadi masalah dikemudian hari.

Semoga Bermanfaat…!!

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.