Tren “hijab gaul” tampaknya mulai tergantikan oleh meningkatnya minat terhadap hijab syar’i. Mengapa?Beta Nisa.
WP tren hijab (Fotolia)
Gambar: Fotolia
Lebaran telah usai, namun salah satu hari besar Islam ini meninggalkan beberapa catatan terkait tren busana Muslim di Indonesia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana tren busana Muslim di Indonesia cenderung menunjukkan tren eksperimental, tahun ini rupanya tren tersebut mengalami pergeseran menuju penutup kepala panjang yang lebih dikenal dengan istilah hijab syar’i.
Menurut desainer muda Indonesia, Dian Pelangi, tren hijab syar’i merupakan cerminan keinginan dari masyarakat yang ingin kembali ke esensi busana Muslim yang minimalis dan sederhana. Meningkatnya minat masyarakat terhadap hijab syar’i juga tidak lepas dari semakin bertambahnya pilihan jenis-jenis hijab ini. Kesan hijab syar’i yang kolot dan monoton kini mengalami pergeseran seiring dengan munculnya berbagai rancangan hijab syar’i yang tetap nampak modis. Hijab syar’i masa kini juga cenderung lebih mudah dan nyaman dikenakan.
WP tren hijab 02
Gambar: situs resmi Oki Setiana Dewi
Peranan publik figur juga tidak kalah penting dalam memarakkan tren tren hijab syar’i. Beberapa figur publik Muslimah seperti Oki Setiana Dewi yang tampil menggunakan hijab syar’i membentuk pandangan baru di kalangan masyarakat bahwa seorang Muslimah tetap dapat berprestasi, memiliki banyak aktivitas dan tetap terlihat fashionable meski memilih untuk mengenakan hijab syar’i di kesehariannya.
Meski pilihan hijab kini sudah semakin bervariasi, namun fenomena tren hijab yang datang silih berganti bukan tanpa pro dan kontra. Beberapa varian busana Muslim yang seringkali disebut dengan “hijab gaul” tidak jarang mendapat komentar negatif dari para pengkritisi yang mempertanyakan nilai-nilai islami di baliknya. Pandangan masyarakat terhadap “hijab gaul” tercermin melalui munculnya berbagai sindiran baik dalam bentuk video, gambar, maupun tulisan terhadap para pengguna hijab yang dinilai tidak menjunjung substansi nilai-nilai kesederhanaan dari berhijab.
Source: bzupages.com
Source: bzupages.com
Hadirnya tren hijab syar’i bisa jadi merupakan reaksi terhadap tren-tren hijab yang dianggap tidak sesuai dengan syari’ah Islam. Kehadiran tren ini juga merupakan jawaban terhadap kebutuhan para perempuan berhijab yang menginginkan tampilan tertutup namun tetap modis. Namun alangkah baiknya jika variasi tren yang ada di pasar mode busana Muslim ini lebih dianggap sebagai refleksi kekayaan budaya Muslim yang beraneka ragam, daripada disengketakan dan dijadikan isu untuk mencibir sesama Muslim.
Tips Tampil Stylish dengan Jilbab Instan

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.