Moisturizer dibutuhkan oleh kulit kita untuk menjaganya tetap lembab. Tapi, ada beberapa hal lain yang juga harus kamu perhatikan saat menggunakan moisturizer. Agar kamu tidak keliru, simak beberapa tips penggunaan moisturizer berikut:

1.    Cara pengaplikasian yang tepat
Mengaplikasikan moisturizer dengan tidak tepat dapat membuatmu terlihat tua. Meskipun kamu mengoleskan nutrisi ke kulitmu, tapi jika kamu melakukannya dari bagian atas ke bagian bawah wajah, maka semua itu tidak akan berfungsi optimal, sebab dengan begitu artinya kamu akan terus menerus menarik turun kulitmu dan lama kelamaan akan membuat kulitmu kendur. Aplikasikan moisturizer-mu dari bagian bawah ke bagian atas wajah dan pastikan kamu menggosoknya dengan lembut, terutama di bagian yang sensitif.

2.    Jangan pernah lewatkan rutinitas kecantikanmu di malam hari
Penting sekali  mengaplikasikan moisturizer ke wajah sebelum tidur, sebab ketika tidur, tubuhmu kehilangan banyak cairan. Moisturizer berfungsi menjaga kulit agar tidak terlalu kering sepanjang malam. Selain itu, malam hari adalah waktunya tubuh memperbaiki sistemnya, jadi moisturizer dengan kandungan yang tepat bagi kulit akan membuat perbaikan kulitmu berlangsung lebih efektif.

3.    Perhatikan kebutuhan kulitmu secara spesifik
Kondisi kulit yang kering membutuhkan lebih banyak moisturizer dibanding yang normal maupun berminyak, tapi bukan berarti kulit berminyak tidak butuh moisturizer. Peran moisturizer bagi kulit tak hanya sekadar menghidrasi, tapi juga memberi asupan vitamin, dan nutrisi. Jadi, semua jenis kulit butuh moisturizer.

4.    Sesuaikan jenis moisturizer dengan kebutuhan masing-masing bagian tubuh
Kamu mungkin perlu moisturizer yang berbeda pada tiap area kulit yang berbeda. Bisa saja kandungan moisturizer yang kamu gunakan untuk bagian tangan dan kaki sangat pas dan melembabkan kulit, tapi tentu moisturizer yang sama tak bisa kamu gunakan sebagai eye cream, karena jelas itu adalah area yang berbeda. Begitu juga dengan wajah dan bagian lain. Kamu harus memilih moisturizer yang berbeda dengan fungsi dan kandungan yang mungkin saja berbeda, untuk tiap area di tubuhmu, sebab kebutuhannya juga berbeda.

5.    Perhatikan saat yang tepat untuk menggunakan moisturizer
Saat terbaik untuk memberikan moisturizer bagi kulitmu adalah setelah shaving dan eksfoliasi. Saat melakukan dua tindakan tersebut sel kulit matimu akan terangkat, tapi kelembaban alami kulitmu juga akan ikut terangkat bersamanya. Maka penting bagi kulitmu untuk menerima asupan moisturizer setelahnya. Selain itu, menerapkan moisturizer sehabis mandi—dalam keadaan kulit yang masih setengah basah—juga dianjurkan. Sebab moisturizer akan membawa air yang masih menempel di kulitmu dan menyerapnya masuk ke dalam pori-pori.

6.    Sesuaikan pemakaian moisturizer dengan kondisi tubuh
Ada saat-saat di mana kulitmu lebih butuh lebih banyak moisturizer. Misal, saat kamu beraktivitas di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang cukup panjang, atau kamu berada di sebuah daerah dengan suhu udara rendah, kamu perlu memberi moisturizer lebih sering untuk kulitmu, atau bisa juga pilih moisturizer dengan kandungan yang lebih berat agar kulitmu lebih terhidrasi. Saat kamu beraktivitas di luar ruangan dalam keadaan panas, kulitmu akan lebih berminyak, pilihlah moisturizer yang lebih ringan tapi tetap memberi perlindungan bagi kulitmu.

Meski pada dasarnya fungsi semua moisturizer adalah untuk menjaga kelembaban kulit, tapi kebutuhan kulitmu pasti berbeda-beda, Ladies. Ketahui jenis dan kondisi kulitmu agar kamu bisa memilih nutrisi yang tepat baginya.


sumber

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.